WALIKU (Wisata Alam, Religi dan Kuliner)


Tidak banyak yang tahu bahwa desa Kutoharjo yang merupakan pusat kota Kaliwungu, teryata menyimpan potensi alam, budaya dan religi yang sangat kuat. Potensi tersebut dapat dilihat jika kita berada di kawasan perbukitan yang dikenal dengan bukit Jabal. Selain memiliki panorama yang cukup indah, disana juga terdapat kompleks makam para Waliyullah seperti KH. Musyaffa, KH. Mustofa, KH. Abu Khoer. Disebelah selatan juga terdapat kompleks makam Sunan Katong serta kompleks makam KH. Asy’ari (Kyai Guru). Mereka semua memiliki peranan yang sangat besar bagi pengembangan Islam di Kaliwungu Kabupaten Kendal, yang setiap tahun diperingati dalam acara Khoul Syawalan.

Melalui Program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) atau yang lebih dikenal dengan program Noto Deso (ND), komplek makam ini dijadikan wisata religi ‘Waliku’. Waliku ( Wisata Alam, Religi dan Kuliner) yang telah diresmikan oleh Pemerintah Kabupaten Kendal, diharapkan bisa memberdayakan masyarakat yang religius untuk mengutamakan kebersamaan dalam mencapai cita-cita kawasan wisata religi.

Ada sembilan paket wisata yang ditawarkan dalam program Waliku, yakni wisata ziarah di komplek makam KH. Musyaffa, home industri pembuatan payung kertas sebagai produk andalan Kabupaten Kendal. Ada juga pusat jajanan khas Kaliwungu yang bisa dinikmati disini. Selain itu adalah kampung hijau sebagai percontohan pemukiman sehat dan indah, home stay sambil beristirahat menikmatai suasana pesantren, agro wisata desa, pengolahan sampah terpadu, panorama indah sepanjang perjalanan menuju Pantai Ngebum dan Alun-alun Kaliwungu sebagi ruang terbuka hijau dan pusat perbelanjaan. dengan Pasar Sorenya.

Sayang sekali jika masyarakat Kaliwungu dan sekitarnya tidak mencoba untuk berwisata sambil Ziarah ke makam Waliyullah tersebut melalui paket wisata Waliku ini. Pada waktu dekat ini, sesuai dengan informasi pada laman http://bappeda.kendalkab.go.id, dalam rangka memperkenalkan dan mempromosikan hasil-hasil kegiatan PLPBK/ND kepada Pemerintah Pusat dan masyarakat luas sekaligus menggalang kemitraan bagi terwujudnya harmonisasi pengelolaan dan keberlanjutan program, maka akan dilaksanakan Jelajah Kampung Noto Deso ke lokasi tersebut yang akan menghadirkan berbagai stakeholder dari tingkat Pusat hingga Daerah pada hari Rabu tanggal 28 November 2012.

Semua berharap program Waliku dapat menjadi salah satu tujuan wisata religi bagi masyarakat Kaliwungu dan sekitarnya bahkan bagi para peziarah dari luar kabupaten Kendal. Semoga.

0 comments:

Posting Komentar

 
Beranda | Artikel | Galeri | Makanan Khas | Serba Serbi | Kontak

Copyright © 2009 Pasar Sore Kaliwungu |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net Edited by paksoleh

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.